VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN KESEHATAN KABUPATEN KAPUAS
Peringati Hari Kanker Sedunia Dinkes adakan Pemeriksaan IVA dan SADANIS

Setiap tanggal 4 Februari kita memperingati Hari Kanker Sedunia. Hari Kanker Sedunia tahun 2023 mengambil tema "Close the care gap" yang bermakna mengajak semua pihak terkait menutup kesenjangan dalam perawatan kanker sesuai perannya masing-masing.

   Moment Hari Kanker Sedunia ini di manfaatkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui jaringan Puskesmas untuk melakukan kegiatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara melalui Pemeriksaan IVA dan SADANIS.

     Ada 16 puskesmas di Kabupaten Kapuas yang sudah melaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA tes dan SADANIS secara serentak di bulan februari ini yaitu Puskesmas Melati, Selat, Anjir Serapat, Mantangai, Lupak, Panamas, Tamban Catur, Pulau Kupang, Palingkau, Terusan Tengah, Barimba, Mandomai, Tamban Baru, Lamunti, Sei Tatas, dan Pujon dengan total yang diperiksa sebanyak 353 orang.

     Puskesmas Basarang adalah salah satu puskesmas yang melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini di laksanakan pada hari selasa, 14 Februari 2023 yang di hadiri oleh Bapak Camat Basarang beserta ketua TP-PKK Kecamatan Basarang, Ketua  Tim Kerja P2PTM Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Plt.Kadinkes Kab. Kapuas dan Kabip P2P Dinkes Kapuas. Rangkaian  kegiatan di mulai dengan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular yaitu dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, pemeriksaan gula darah dan tekanan darah.

     Dalam Kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah melalui Ketua Tim Kerja P2PTM Ibu Yulka Susana., S.Si.T. M.Kes mengapresiasi Dinas Kesehatan, Puskesmas dan peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Kabupaten Kapuas.

Plt. Kepala dinas kesehatan Kabupaten Kapuas Ibu dr. Tonun Irawaty Panjaitan. M.M.  dalam sambutannya pada kegiatan pemeriksaan IVA tes dan Sadanis mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh masyarakat agar peduli dan mempunyai kesadaran yang tinggi untuk melakukan upaya pencegahan, mendeteksi secara dini kanker sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara.

     Apresiasi juga di sampaikan kepada Puskesmas yang membuka layanan IVA dan SADANIS dengan hari buka yang telah di jadwalkan oleh masing- masing Puskesmas.

     Di akhir sambutannya Plt.Kadinkes berharap agar kegiatan ini terus menerus dapat di lakukan dengan komitmen bersama karena masih banyak masyarakat yang tabu dan kurangnya informasi sehingga mereka takut dan khawatir melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara, padahal IVA test merupakan cara yang sederhana  cepat, murah, akurat dan dilakukan oleh tenaga terlatih untuk mendeteksi Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara sehingga apabila ditemukan akan cepat penanganannya.(hmsdinkes).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *