RELOKASI PUSKESMAS PULAU KUPANG, SEMUA JADI SENANG

Jumat, Februari 2nd 2018. | Sekretariat, Subbag Informasi dan Humas

Dinas Kesehatan Kapuas,

Kembali, kabar baik dihari yang selalu baik. Senin (29/1/2018) peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas di Kabupaten Kapuas bertambah lagi. Puskesmas Pulau Kupang adalah buktinya. Kabupaten Kapuas selalu berbenah, begitu pula dunia kesehatannya. Peningkatan sarana dan prasarana ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang bermutu dan berkualitas.

Pada sekitar pukul 16.00 WIB Kepala Dinas Kesehatan tiba di lokasi acara, kemudian berselang Bupati Kapuas dan rombongan pun tiba di Desa Sei Lunuk Kecamatan Bataguh. Kehadiran beliau disambut antusias warga sekitar dan diiringan dengan tabuhan rebana. Dalam sambutan menyebutkan bahwa UPT. Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang membawahi tiga Pustu. Beliau pun memaparkan ruangan Puskesmas terdiri dari ruang IGD, rawat inap laki-laki dan perempuan, ruang anak, poli pelayanan serta ruang kerja.

“Pada saat pindah, antusias masyarakat sangat baik. Waktu mengangkut barang sudah ada tiga orang melahirkan ditempat ini.” tuturan Apendi disambut tepuk tangan dan riuh warga.

Bersamaan dengan relokasi Puskesmas Pulau Kupang, hal tersebut berdampak baik pada peningkatan pasien yang datang untuk berobat maupun kunjungan. Peningkatan tersebut sekitar 50-70 orang per-hari. Sambutan Kepala Dinas Kesehatan memiliki makna mendalam yakni pembangunan Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang tidak diperuntukkan hanya untuk orang sakit, namun juga untuk warga yang sehat agar dpat berkonsultasi sehingga menjadi lebih sehat lagi.

Hari yang sama dengan penyerahan Kartu Kapuas Sehat. Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, MM, MT menandatangani batu peresmian gedung UPT. Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi SKM, MM. Penandatanganan tersebut dilanjutkan dengan pemotongan pita yang tersemat di pintu masuk Puskesmas. Sebagai tanda bahwa UPT Puskesmas Rawat ini telah “sah” dalam peresmiannya.

Bupati Kapuas dan Kepala Dinas Kesehatan melihat seluruh ruangan yang ada di Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang dan disambut petugas Puskesmas dengan ramah penuh antusias. Bupati dan Kadinkes bersemangat berfoto dengan warga yang ada di dalam Puskesmas serta petugas Puskesmas yang Nampak anggun dan bersahaja dengan seragam benang bintik warna merah maroon. Peresmian usai, panggung dangdut dimulai. Bupati Kapuas menyapa warganya dengan lagu “Tera Jana”.

Puskesmas baru, suasana baru, dan harapan baru. Tidak akan ada hal mudah tanpa kerjasama. UPT. Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang dengan wajah baru akan menambah harapan baru dunia kesehatan Kabupaten Kapuas.

(Subbag Program Informasi dan Humas*)

tags: , ,