“BANJIR MANUSIA” DI ANJIR DALAM PENYERAHAN KARTU KAPUAS SEHAT

Jumat, Februari 2nd 2018. | Sekretariat, Subbag Informasi dan Humas

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas,

     Terik menyengat pada hari Senin (29/1/2018), menjadi penggembira dalam penyerahan secara simbolis Kartu Kapuas Sehat dan Sertifikat PTSL. Acara tersebut berjalan meriah dengan antusias warga Anjir Serapat yang memenuhi halaman Kantor Camat Kapuas Timur. Ratusan warga duduk dengan rapi dan teratur.

     Sekitar pukul 09.00 WIB warga semakin antusias karena Bupati Kapuas Ben Brahim, S. Bahat, MM, MT dan Istri beserta rombongan sampai di Kecamatan Kapuas Timur. Terlihat Kepala Dinas Kesehatan Apendi, SKM, MM, telah terlebih dahulu hadir dan memberikan salam.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas menyampaikan untuk menuju Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Kapuas tidak ada tawar menawar, sebagai langkah awal diluncurkan Kartu Kapuas Sehat untuk 20.419 warga di Kecamatan Kapuas Timur,  selanjutnya diikuti oleh Kecamatan yang lain.

     Pada kesempatan ini Bupati Kapuas menyerahkan secara simbolis Kartu Kapuas Sehat  kepada perwakilan warga Anjir Serapat, selanjutnya menjadi tanggung jawab Camat untuk membagi ke semua warga masyarakat. Bupati juga meminta Instansi terkait untuk mendata masyarakat yang belum mempuyai kartu BPJS Kesehatan, jangan sampai ada yang tertinggal imbuhnya.  Bupati Kapuas berpesan bahwa setelah masyarakat Anjir Serapat menerima kartu BPJS Kesehatan agar dimanfaatkan semaksimalmungkin jangan mengabaikan kesehatan dan jangan ada yang sakit.

     Pada sambutan Kepala Dinas Kesehatan, beliau menyampaikan bahwa masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Penyerahan secara simbolis pada beberapa warga di Kantor Kecamatan Kapuas Timur menjadi pembuktian bahwa Dinas Kesehatan Kapuas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan mengupayakan pelayanan kesehatan secara merata bagi seluruh warga di Kabupaten Kapuas.

“Kartu Kapuas Sehat tidak terlepas dari dukungan lintas sektor yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dan BPJS Kesehatan.” tutur Apendi.

Selain Kartu Kapuas Sehat yang diserahkan pada warga Anjir Serapat, Kapuas Timur. Kepala Dinas Kesehatan juga menyampaikan capaian dunia kesehatan Kapuas khususnya di Puskesmas Anjir Serapat yang telah berhasil meningkatkan diri menjadi Puskesmas Rawat Inap dan pengangkatan tenaga kontrak selama rentan waktu 2013-2018 sekirat 30 orang. Kepala Dinas Kesehatan juga menambahkan bahwa peningkatan fasilitas berupa Ambulance akan segera diterima Puskesmas Anjir Serapat pada tahun ini (2018).

     Pada momen tersebut Apendi juga mengatakan bahwa Bantuan Oprerasional Kesehatan (BOK) untuk Kapuas Timur naik sekitar 60%. Kabar gembira ini hendaknya disambut baik oleh warga kesehatan khususnya Kapuas Timur. Tidak hanya menjabarkan capaian dari tahun 2013-2018, Kepala Dinas juga menyatakan rencana kedepan yakni membangun Rumah Tunggu Persalinan dan rencana membangun cabang PSC 119.

 

     Penyerahan Kartu Kapuas Sehat dan Sertifikat PTSL diakhiri dengan jogetan maut dari para warga dan diselingi dorprize menarik. Sejatinya penyerahan Kartu Kapuas Sehat maupun Setifikat PTSL diharapkan menjadi angin segar bagi warga Kapuas Timur untuk hidup yang semakin baik.

(Subbag Program Informasi dan Humas*)

 

tags: , , ,