Cepat tanggap Tim Dinkes Kapuas menangani KLB keracunan pangan di Desa Tajepan

Kamis, Mei 4th 2017. | UPT Dinkes, Wabah dan Bencana

Dinkes Kapuas – Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bergerak cepat dalam menangani Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan yang terjadi di Desa Tajepan Kec. Kapuas Murung tadi malam (3/5). Informasi adanya KLB diterima Tim Dinkes pada Pukul 18.00 WIB, dengan dibantu petugas dari RS dr. Soemarno S. Kuala Kapuas, tim yang dipimpin oleh Apendi, SKM, MM langsung bergerak ke lapangan.

Informasi terakhir yang didapat dari Bapak Apendi, SKM, MM bahwa jumlah korban keseluruhan sebanyak 139 orang dengan rincian korban yang ditangani di Puskesmas Palingkau sebanyak 89 orang, 49 orang dirujuk ke RS dr. Soemarno S. dan 1 orang dirawat di rumah.

Kejadian keracunan pangan bermula saat para korban mengkonsumsi makanan di acara yang diadakan salah satu warga di Desa Tajepan. Hasil investigasi Tim Dinkes Kapuas sementara penyebab dari keracunan pangan diduga adalah toksin dari bakteri yang ada di dalam makanan yang disantap dalam acara tersebut. Dugaaan ini berdasarkan gejala yang dominan yang dialami para korban yaitu gejala muntah, berak, mual dan pusing.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab KLB keracunan pangan ini, tim dari Dinkes Kapuas mengambil sampel yang ada dilapangan yaitu penganan nasi, ayam masak merah dan ayam rebus. Sampel ini akan dikirim ke Balai POM Palangka Raya untuk dilakukan uji kimia dan mikrobiologis.

tags: , , , ,