Ketua TPPKK Kab.Kapuas: semua anggota TPPKK Jangan cuma jadi motivator tapi harus ikut juga memeriksakan IVA dirinya

Minggu, April 2nd 2017. | Pengendalian Masalah Kesehatan, PROMKES, Sekretariat

Dinkes Kapuas – Pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker. Wanita yang dianjurkan untuk tes IVA yaitu usia 30 – 50 tahun.Metode IVA dirancang untuk masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Ketua TPPKK Provinsi dan Kabupaten Kapuas saat menghadiri acara pemeriksaan IVA massal

Pada Sabtu 1 April 2017 bertempat di Gazebo RSUD dr.H.Soemarno S. Kuala Kapuas telah dilakukan pemeriksaan IVA secara massal secara gratis. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kalimantan Tengah bersama TPPKK Provinsi dan TPPKK Kab. Kapuas. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas yang diwakili oleh Sekda Kapuas. Turut hadir juga Ketua TPPKK Provinsi Kalimantan Tengah Ibu Agustiah Ningsih Habib Said Ismail dan Ketua TPPKK Kab.Kapuas Ibu Ary Egahni Ben Bahat,SH. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kapuas, Kepala Dinas Kesehatan dan Dandim 101 Kuala Kapuas.

Pemeriksaan IVA massal di RSUD dr.H.Soemarno s.

Dalam sambutanya Ketua TPPKK Kab.Kapuas Ibu Ary Egahni Ben Bahat,SH meminta agar seluruh anggota TPPKK Kab.Kapuas jangan cuma jadi motivator saja kepada ibu-ibu untuk memeriksan IVA tapi juga harus ikut memeriksakan IVA dirinya sendiri.

Ketua TPPKK Provinsi Kalimantan Tengah saat meberikan sambutan pada acara pemeriksaan IVA massal

Ketua TPPKK Provinsi Kalimantan Tengah saat meberikan sambutan pada acara pemeriksaan IVA massal

tags: , , , , , ,